INGIN SUKSES ?! ANDA HARUS KELUAR DARI ZONA NYAMAN !!



Bingung mengisi waktu kosong biasanya anak-anak zaman sekarang melimpahkan ke game, pergi ke warnet browsing yang tidak penting, melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat, nah mendingan lakukan isi waktu kosongmu dengan hal-hal yang berkualitas. 
Semua orang jika ditanya apakah dia ingin sukses pasti mereka semua menginginkannya, tapi kenapa masih banyak orang yang belum sukses? Baiklah, mari kita cari tau mengapa demikian.
Banyak faktor mengapa orang sulit sekali untuk mencapai puncak sukses, tetapi hanya 2 faktor yang paling dominan, yaitu karena mereka enggan berubah atau terlalu lambat untuk berubah. Kehidupan ini telah banyak mengalami perubahan, jika kita tidak dapat mengikuti arus perubahannya maka akan ketinggalan dan akan mengalami kegagalan. Jadi, untuk meraih puncak sukses di zaman ini harus cepat beradaptasi dan cepat melakukan perubahan.
Dunia ini telah berubah, cara untuk bertahan hiduppun juga sudah berubah. Suatu hal yang efektif di zaman kita ABG belum tentu efektif di saat kita duduk di bangku kuliah. Saat ini kita hidup di zaman yang serba instan, perubahan bisa terjadi sangat cepat bahkan dalam hitungan jam, menit, maupun detik. Orang yang bisa sukses adalah orang yang memiliki konsep yang unik dan bisa mengaplikasikannya. Misal, dalam dunia marketing sudah banyak produk yang sama di pasaran, tetapi jika kita punya konsep yang unik, yang berbeda dengan umumnya maka itu adalah peluang untuk kita berhasil. Memang tidak mudah untuk membuat konsep yang berbeda, kita harus bekerja 10x lebih keras atau bahkan 100x, tetapi itulah tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan mudah. Jika hidup kita hanya mengikuti aliran air, melakukan rutinitas seperti biasanya, bagaimana bisa sukses?

Apakah Anda seorang guru? Bukankah guru di Indonesia ini sudah banyak sekali, tidak terhitung jumlahnya. Maka jadilah guru yang berbeda dari guru-guru pada umumnya. Semisal guru biasanya mengajar hanya berbekal buku dan alat tulis, maka Anda harus berbekal lebih dari itu, media belajar, bermain sambil belajar, dsb. Atau anda hanya seorang wiraswasta kecil-kecilan? Di sekitar kita berderetan toko, minimarket, mall, yang sudah ramai dengan para konsumen, dan Anda pasti merasa kurang percaya diri untuk memulai usaha. Sekali lagi, tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah, Anda harus keluar dari zona nyaman. Apalagi sekarang kita hidup di era informasi, maka penggunaan teknologi adalah solusi terbaik. Jika mencoba sekali gagal, coba lagi, gagal, coba lagi hingga celah dan pintu kesuksesan dapat anda raih. Setidaknya waktu yang anda miliki tidak terbuang percuma karena dalam proses kegagalan itu terdapat banyak pengalaman yang dapat diambil sisi positifnya. Begitu juga dengan profesi-profesi yang lain.
Di era teknologi ini, kita bisa mendapatkan segala informasi dengan mudah, seolah-olah kita adalah pengendali kehidupan ini. Beragam sosial media dengan mudah dapat kita akses, mencari segala hal tentang apapun itu tinggal browsing di Google, sehingga setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk sukses dan banyak uang, dengan catatan kita harus tetap mengikuti aliran perkembangan zaman. Sebagai contoh, mari kita ambil tentang kekuatan Teknologi.
Dengan adanya internet, Mark Zukerberg (26 tahun) yang merupakan mahasiswa drop out, menciptakan situs social networking yang bernama Facebook. Mark mencintai pekerjaannya sebagai programmer, dan kecintaannya tersebut mengantarkan kepada kesuksesan dan kemakmuran.  Mark tercatat sebagai Trilliuner termuda versi majalah Forbes 2010, orang paling kaya termuda di dunia dengan kekayaan hasil usaha sendiri (bukan warisan). Facebook saat ini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna (user) di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, sudah lebih dari 28,8 juta pengguna saat ini (September 2010).
Apakah Anda siap mengikuti perubahan zaman? terutama saat ini kita hidup di era Konseptual, ide dan konsep yang unik yang akan membuat kita berhasil luar biasa, dunia internet berkembang dan bersaing begitu ketat, kita lihat contohnya: Friendster, yang begitu diminati beberapa tahun lalu, tetapi setelah munculnya Facebook, karena tidak siap dan kurang cepat melakukan perubahan, Friendster langsung kalah bersaing dan tertinggal. Tetapi kita lihat yang siap berubah dan cepat tanggap tetap bisa bertahan seperti Google, Yahoo, Youtube, dll.
Begitu juga saat ini, kita hidup dalam lingkungan yang berkembang cepat sekali, yang tidak bisa kita hindari dari perkembangan teknologi dan Social Media. Kita hidup dalam lingkungan yang menuntut untuk selalu up-to-date. Dengan teknologi smartphones yang semakin canggih (BlackBerry, iPhone, Android, bahkan iPad) maka kita bisa mengakses informasi dan mengikuti perkembangan lewat Facebook, Twitter, Foursquare, dan lain-lain hanya dari ponsel kita, so dunia benar-benar hanya di dalam gengaman kita. Tinggal apakah kita siap memanfaatkannya secara baik? berubah atau ketinggalan.
Mengutip pernyataan teori evolusi dari Charles Darwin "Species yang bertahan sampai saat ini dan kedepannya bukalah species yang sangat cerdas, sangat kuat atau terlalu hebat, melainkan species yang mampu beradaptasi terhadap perubahan dan lingkungan." Ingat, Dinosaurus punah karena tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan.
Pada intinya, dalam era informasi yang begitu canggih dan cepat berubah, semua orang bisa mengakses informasi yang sama dengan cepat, sehingga mempunyai informasi saja tidak menjamin kesuksesan kita. Untuk sukses kita harus selalu updates, siap berubah dan bertindak cepat. Jadi yang dibutuhkan adalah sikap mental kita untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, sikap yang terbuka untuk belajar. Terutama di era konseptual ini, ide atau konsep yang terpenting, tentunya kita juga harus bisa  berkomunikasi dan bekerja sama baik dengan orang-orang di sekitar kita. Jadi, apapun bidang pekerjaan anda, pekalah terhadap perubahan dan lingkungan. Berani Berubah untuk Sukses! 

BISA! YAKIN BISA!! PASTI BISA!!!
sumber gambar: erwannugroho.wordpress.co
 

0 komentar:

Posting Komentar