Bagaimana Cara Mengaktifkan Siswa dari Awal Pelajaran ?

Bagaimana Cara Mengaktifkan Siswa dari Awal Pelajaran ?
Kegiatan belajar mengajar pada semua mata pelajaran membutuhkan pembukaan yang menarik perhatian siswa. Belajar menyenangkan jika siswa bisa aktif dari awal. Jika tidak demikian maka kemungkinan besar kepasifan pada siswa yang permanen hingga jam pelajaran usai. Susunlah sebuah kegiatan yang akan membantu siswa dalam berkomunikasi dengan siswa lainnya, atau sesuatu yang menumbuhkan minat belajar siswa sejak pelajaran dimulai. Anggaplah hal ini sebagai hidangan pembuka sebelum menu utama. Buatlah hidangan pembuka yang dapat membuat siswa berselera untuk menikmati hidangan selanjutnya. Guru pada umumnya hanya akan membuka pelajaran dengan membuka dengan salam, memeriksa kehadiran siswa, dan bertanya materi pelajaran yang sebelumnya hanya untuk formalitas saja. Nah, tambahkanlah setidaknya satu latihan pembuka yang bisa mempunyai banyak manfaat

Cara belajar siswa aktif sangat dipengaruhi di awal pelajaran saat pembukaan. Kegiatan belajar aktif di awal memiliki tiga tujuan yang perlu dicapai. Pembelajaran yang hanya berlangsung sebentar, semisal satu jam pelajaran janganlah dianggap remeh. Ketiga tujuan tersebut yaitu:

1. Pembentukan tim
Membantu siswa untuk lebih mengenal lebih dekat dengan teman belajar dan dapat menciptakan semangat kerja sama. Karena suatu masalah, dalam hal ini masalah belajar, akan terselesaikan dengan mudah dan cepat jika dikerjakan secara bersama.

2. Penilaian sederhana.
Dengan mengetahui kepribadian, sikap, seberapa dalam pengetahuan dan seberapa jauh pengalaman yag dimiliki siswa akan sangat membantu dalam proses pembelajaran.

3. Keterlibatan belajar langsung.
Ciptakan minat awal terhadap pelajaran.

Pembelajaran aktif akan tercapai dengan patokan ketiga tujuan di atas. Pengajaran yang dilakukan atas dasar tiga tujuan tersebut, dapat menciptakan lingkungan belajar yang melibatkan siswa, meningkatkan kemauan mereka untuk ambil bagian dalam kegiatan belajar aktif, dan menciptakan norma kelas yang positif.

Pembelajaran aktif perlu pembukaan yang mengaktifkan siswa pula. Dalam pemilihan strategi pembuka untuk digunakan dalam pengajaran, ingatlah beberapa pertimbangan berikut:

1. Akibat dari strategi yang diberikan.
Perlu guru ketahui apakah siswa tersebut akan terbuka dengan gagasan dan aktivitas baru. Belajar aktif dan menyenangkan yang akan guru berikan apakah menyenangkan juga bagi siswa atau malah siswa enggan dan keberatan. Mengawali pelajaran dengan strategi yang mengungkap kurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa tentunya bisa beresiko. Belajar siswa bisa jadi terganggu dengan ketidak siapan mereka untuk mengungkapkan kelemahan mereka. Proses belajar tentunya juga akan terganggu dengan berkurangnya minat belajar akibat ketidaksiapan mereka. Sebagai gantinya, sebuah strategi yang meminta yang meminta partisispan untuk berkomentar tentang sesuatu yang tidak asing lagi bagi mereka justru akan memudahkan keterlibatan mereka di dalam kelas.

2. Ketepatan dengan kepribadian siswa.
Metode mengajar berbasis permainan yang menyenangkan belum tentu akan diterima oleh siswa remaja, berbeda dengan siswa usia sekolah dasar yang akan semangat belajar dengan belajar sambil bermain. Siswa perempuan mungkin lebih sensitif jika dibandingkan dengan siswa laki-laki. Karena pembelajaran aktif pada aktivitas pembuka yang guru ciptakan untuk semua siswa di dalam kelas maka perlu menciptakan pula lingkungan untuk semua siswa. Pertimbangkanlah dengan cermat dalam memberikan metode pengajaran, dan rencanakan pembelajaran dengan sungguh-sungguh.

3. Relevansi terhadap mata pelajaran.
Variasikan bahan pembuka percakapan agar memiliki relevansi dengan materi yang hendak guru ajarakan. Semakin sesuai percakapan pembukaan dengan materi pelajaran maka semakin mudahlah peralihan yang hendak guru lakukan terhadap aktivitas belajar utama yang telah disiapkan.

Pertimbangan-pertimabangan di atas memiliki relevansi untuk setiap aspek dari pelajaran, terutama dalam tahap-tahap pembukaan. Pembukaan yang berhasil akan memuluskan jalan berhasilnya pelajaran. Demikian pula, pembukaan yang dirasa mengancam siswa, konyol, atau tidak relevan dengan pelajaran, dapat menciptakan situasi yang kaku dan sulit diatasi.

Baca juga : 
Menciptakan pembelajaran aktif dengan membuat siswa aktif sejak awal guru mengucap salam ternyata tidak bisa dianggap remeh. Hanya membuat aktivitas pembukaan saja sepertinya benar-benar menyita pikiran seorang guru. Sungguh orang-orang yang tidak memiliki hati nurani jika meremehkan pahlawan tanpa tanda jasa ini. Karena banyak orang yang menilai keberhasilan guru dalam mengajar ketika siswa mendapatkan nilai tinggi. Padahal pengetahuan tidak dinilai dari tingginya nilai dalam mengerjakan soal-soal ujian. 
lamperan.net
sumber gambar: quantumppkn.worpress.com
Referensi buku: Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif – Melvin L. Silberman

1 komentar:


  1. DAPATKAN JACKPOTMU DI BOLAVITA.

    merasa bosan dan uang habis dengan sia sia?

    Bolavita adalah situs judi online terpercaya dan aman untuk dimainkan.ada banyak jenis permainan yaitu Bola tangkas,Casino live,Sabung Ayam,Taruhan Bola,Togel online,Games Virtual dan Judi Balapan Tikus.
    disini banyak bonus yang akan kami berikan untuk anda
    * Casino Online Flat Cashback 5%
    * Bola Tangkas Online Flat Cashback 10%
    * Bonus Referral Permainan Online 7%+2%
    * Bonus Returning Member 200.000

    Kami menyediakan Register,Deposit dan Withdraw menggunakan bank lokal seperti BCA,MANDIRI,BNI,BRI,DANAMON DAN CIMB NIAGA.


    Gak bakalan nyesal deh daftar di Bolavita

    WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    INSTAGRAM : @bola.vita
    FACEBOOK : @bolavita.ofc
    TWITTER : @BVgaming_net
    LINE : @CS_bolavita


    (¯`·.¸¸.·´¯`·.¸¸.-> LIVECHAT 24 JAM <-.¸¸.·´¯`·.¸¸.·´¯)

    #bolavita #terpercaya #sabungayam #casino #deposit #pokeronline #judionlineterbaik #banyakbonus #superpromo #livechat24jam #fastrespon

    BalasHapus